Senin, 21 Desember 2015

CIRI² COGAN LUAR&DALEM.!




Assalamu'alaikum, Ikhwany wa Akhwaty fillah.. 🙏
Kali ini kita, bakal cari tau, gimana sih, Pribadi Cowok sejati, yang Ganteng nya Dhohir dan batin.. Cie_ileh.. Yang nulis jadi tersinggung nih.. Hehe. 
    Di lain Arti, Topik kita, kali ini bisa jadi hal yang sangat penting loh, Coz.. Buat, yang Akhwat ini bisa di jadikan sbg Acuan dalam Penilaian pribadi si Do'i..  Buat yang Ikhwan juga, bisa di jadikan sebagai, Bahan, koreksi&Introspeksi diri.. Lumayan kan klo bisa di Praktekin.. Okelah okeh, langsung aja kita, CekiDut..
1. MENJAGA SHALAT FARDLU&SUNNAH
Behh.. Cewe' mana sih, yang gk suka sama Cogan yang ibadah nya rajin, dah gitu Semangat sholat berjama'ah di mesjid lagi..
Insya'Allah dah, Klo shalat nya baik, Yang lain juga baik,
فَإِنْ صَلُحَتْ صَلُحَ سَائِرُ عَمَلِهِ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

Bila shalatnya baik maka baik pula seluruh amalnya, sebaliknya jika shalatnya rusak maka rusak pula seluruh amalnya.”(HR.At-Tabrani)
  Tuh.. Kan, Rasul aja Bilang gitu.. Makanyo, Ukhty2, klo pilih cogan harus yg baik sholatnya.. Klo sholatnya aja, bisa dia jaga,. Apalagi Perasaan dan kepercayaan dr Kamu.. Di jamin👍 dah,..


2.MENJAGA LISAN & PANDANGAN
“Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw, beliau bersabda, ‘Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kata yang membuat Allah swt ridha kepadanya, sang hamba sendiri sama sekali tidak memperhitungkannya, namun dengan satu kata itu, Allah swt naikkan derajatnya beberapa derajat, dan sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan satu kata yang membuat Allah swt murka, sang hamba sendiri tidak memperhitungkannya, namun gara-gara satu kata tersebut, sang hamba terperosok ke dalam neraka Jahannam’,” (Muttafaqun ‘alaih, lihat Bukhari [6477, 6478] dan Muslim [2988]).
Gimana My akh&ukh.? Dah, jelas banget kan.. Dr hadist tadi kita belajar bahwa jika kita, tak mampu menjaga lisan, Bisa2 kita bakal di celup tuh ke dalem jahannam..
Dan, selain itu, ada juga jaminan Derajat yg tinggi buat kita2 klo bisa menjaga lisan,.. Bahkan nih, dilain hadist Rasul s.a.w menyatakan..
‘'Siapa yang mau menjamin untukku bahwa ia akan menjaga organ antara dua rahang dan dua kakinya, maka aku jamin surga baginya’,” (HR Bukhari [6474]).
Nah loh.. Keren kan..
Itu baru yang Lisan tuh..
Klo yang pandangan Gmn..?
Menjaga pandangan juga gak kalah penting loh, Cos.. Godhul bashor merupakan hijab nya para ikhwan,  Dengan menjaga pandangan Jiwa bisa terjaga.. Gak percaya..?  Liat aja sendiri di Qs:An-nur;30
“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menundukkan pandanganya, dan menjaga kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

3.LEMAH LEMBUT
  Lemah lembut bukan berarti letoy loh, ukh..  Tapi, Woles dalam bersikap, Lembut dalam berkata, dan santun di setiap tingkah dan laku nya.. Karna Kelembutan dalam bersikap juga termasuk salah satu kunci kebaikan loh..!!!
مَنْ يُحْرَمْ الرِّفْقَ يُحْرَمْ الْخَيْرَ

“Orang yang dijauhkan dari sifat lemah lembut, maka ia dijauhkan dari kebaikan.” (HR.Muslim)

الرِّفْقَ لَا يَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلَّا زَانَهُ وَلَا يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا شَانَهُ

“Sesungguhnya sifat lemah lembut itu tidak berada pada sesuatu melainkan dia akan menghiasinya (dengan kebaikan). Sebaliknya, tidaklah sifat itu dicabut dari sesuatu, melainkan dia akan membuatnya menjadi buruk.” (HR. Muslim.)
Selain itu, Allah juga mencintai HambaNya yg Bersifat Lemah Lembut..

إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِي الأَمْرِ كُلِّهِ

“Sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Lembut yang mencintai kelembutan dalam seluruh perkara.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
    Oleh karena itu, sudah seharus nya, laki2 yang baik harus memiliki prubadi yang lembut, karna padanya lah, anak dan istri nya kelak akan Berlindung, Dengan jiwa yang lembut penuh perhatian dan pengertian inilah, Laki2 bisa membuat anak, istri dan orang2 di sekitar nya merasah tenang dan nyaman.


4.JUJUR & TEGAS
Jujur bukan sekedar jujur kacang ijo ya,  ukhty,.. Tapi, pribadi yang selalu berani menyampaikan kebenaran dengan cara yang baik. Pribadi yg Jujur dalam bersikap dan berkata..  Alasan mengapa jujur termasuk dalam Ciri Cogan Luar dalem karena..  Jujur ternyata pangkal kebaikan(surga) loh..

Rasulullah SAW bersabda : “Wajib atasmu berlaku jujur, karena jujur itu bersama kebaikan, dan keduanya di surga. Dan jauhkanlah dirimu dari dusta, karena dusta itu bersama kedurhakaan, dan keduanya di neraka”.
[HR. Ibnu Hibban di dalam Shahihnya]
   Di samping jujur juga Tegas..
Tegas bukan berarti keras atau galak, tapi sifat mantab, tidak plin-plan, juga tegas dalam menyampaikan nasehat, karna laki2 adalah imam bagi istri&anak²nya. Juga tetep, harus santun dan bersahaja di setiap langkah dan kata-nya.. 
5.HAUS AKAN ILMU
Ini juga gak kalah penting loh. Akhy wa Ukhty,.
Klo kita bicara tentang keutaman ilmu dan orang yg berilmu gak bakalan kelar dah,
   Allah memuliakan derajat HambaNya yang berilmu lebih tinggi drpd yang hanua ahli ibadah.. Karna Orang yang paling takut pada Allah, adalah orang yg paling berilmu.. Ilmu sebagai cahaya di saat gelap, ilmu menjernihkan hati sebagaimana Air hujan yang menyuburkan tanaman, membasahi tanah tandus.. Tapi,  Tentu yang demikian tejadi karena benar² mengamalkan ilmu dengan baik..

6.MENJAGA PENAMPILAN & KEBERSIHAN DIRI.
Pakaian Sopan, rapi, dan juga wangi tentu pasti akan membuat orang lain lebih merasa nyaman dan sedap memandang, dalam islam juga sangat Di Anjurkan untuk berpakaiam rapi dan memakai parfum atau wangi2an. karna, kerap kali, Penampilan di jadikan sebagai Awal Penilaian, karena sedikit banyak penampilan juga Cerminan dr kepribadian, senada dg pribahasa jawa yang menyatakan "Ajine Rogo soko Buaono."

7.BERBAKTI KEPADA ORANG TUA
 Taat pada Allah, dan patuh pada orang tua. Tentu Organ Vital bagi pribadi COGAN yg Dhohirun wa batinan.
  Berbakti pada Ortu alias Bonyok(bokap&nyokak😸) sangatlah penting karena ridho Allah terletak pada ridho Orang tua.. Dan satu info penting nih akhi&ukhty, klo kita amati nih, uhkty wa Akhy.. Tenyata Perinta Buat berbakti pada Bonyok, di dalam Al-qur'an selalu, di sandingkan dengan Perintah meng-Esa kan Allah, misal ni ya..
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya."
Qs:Al-isra':23
Selain itu.. Juga di: QS. an-Nisa’ (4) ayat 36, Al-An’am (6) ayat 151, Al-Ankabut (29) ayat 8, Luqman (31) ayat 14-15, Al-Ahqof (46) ayat 15-16 dan masih banyak lagi..
  Nah.. Itu menandakan bahwa Berbakti kpd Ortu merupakan salah satu amalan yg utama,. Di hadist2 Banyak bgt dah di jelasin keutamaanya; Di Ridhoi Allah, di luaskan Rizki, di panjangkan umur, Di Ringankan beban hidup banyak lah pokonya,. Yang pasti Nilai plus lah buat cogan yang berbakti pd Bonyok..

8.BERGAUL DENGAN ORANG2 BAIK (soleh/ha) DAN MENGAJAK ORANG YANG KURANG BAIK KEPADA KEBAIKAN.
   Kalau kita masih inget perkataan Adi bin Zaid r.a yang menyatakan: tak perlu bertanya (tentang) siapa orang itu, tapi cukuplah bertanya siapa teman dekat nya.."
Nah.. Gimana.. Dah jelas kan.. Memang Pergaulan  berpengaruh bgt pd pribadi seseorang,   klo bergaulnya sama orang yg baik² sih, Insya'Allah juga, baik.. Tp, kalo bergaulnya sama Orang yv gk baik ya bisa jadi gak baik juga,. Pernah tau kan hadist Riwayat al-Bukhari no. 5534, & Muslim no. 2628. Itu loh.. yang ngejelasin tentang si penjual parfum dan tukang pande besi, pasti dah tau kan.. Selain bergaul dgn orang baik juga mengajak pada kebaikan, karna itu sebagai wujud rasa solideritas nya pada Muslim yang lain, dan yang pasti sebagai Bentuk Amal ma'ruf juga kan, suatu perintah Allah yg keutamaanya behh 👍 bgt..

9.TIDAK BOROS DAN TIDAK BAKHIL
  Bijaksana dalam me-manage uang  merupakan satu bukti bahwa dia sadar akan masa depan, karna untuk menghadapi masa depan tidak hanya butuh persiapan mental tp, juga finansial..  Dan klo kita amati dr sudut pandang agama, Boros jugaasih saudara nya mubadzir, yang hanya di lakukan oleh teman2 nya syetan.
Qs Al-Israa' ayat 26-27 :
"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan".
  Dan juga tidak bakhi, karna bakhil juga suatu sifat yang di benci oleh agama, manusia dan Binatang. Hehe.
Berikut ancaman untuk orang2 yang bersifat bakhil.
harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat..”  (Qs:Ali Imran : 180)

10. CINTA TERHADAP AL-QUR'AN
  Behh.. Yang ini kyak nya, Pokok bgt ya.. Emang Orang klo hatinya udah terpaut sama Qur'an. Akan selalu rindu untuk membaca nya.. Tak pernah lelah memahami maknanya, dan mengamalkan isi nya.. Klo bisa kyak gitu y,  Udah bisa di katakan pasti, hidup nya di penuhi kebaikan dan keberkahan, Menjadi hamba yang di cintai oleh Allah,. Gak ada habis nya dh pkonya klo kita nge bahas, keutamaan Qur'an dan Ahli Qur'an.

WaAllahu a'lam bishowab... Itu Dia Kurang lebih tanda atau ciri dari Cogan luar dalem.. Apabila ada Pendapat lain silahkan di sampaikan..
Assalamu'alaikum..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap jaga kesopanan.
mohon kritk dan saran yang membangun.

Looped Slider

Find Us On Facebook

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Events

Gagdet